( Tindak Pidana ) Dilematis seorang saksi hukum ...

Siapa sih yang ingin tersangkut dalam suatu perkara khususnya tindak pindana. Saya pribadi juga tak ingin itu, namun undang undang terkadang mengikat kita untuk berpartisipasi didalamnya. Contoh nyata kasus Narkoba yang menimpa artis raffi Ahmad, dan ada satu orang dari 17 lainnya yang dilepas dengan jaminan keluarga karena dinyatakan tidak bersalah dan tidak sedang mengkonsumsi racun tersebut. Entah siapa namanya (sebut saja W ), namun dia juga dianggap bersalah oleh undang undang karena tidak menginformasikan pesta narkoba itu. maka dilihat dari sisi kemanusiaan, orang tersebut mengalami dilema, bagaimana mungkin dia memberi tahu pada pihak polisi bilamana saat itu sedang terjadi pesta Narkoba yang dilakukan oleh teman-temannya sendiri. Apakah mungkin kita sedang ditempat dan waktu yang sama, kita berkhianat pada mereka. Benar bukan ?

Sosialisasi Undang-undang pada masyarakat khususnya tentang suatu tindak pidana kriminalitas sangatlah minim, bahkan masyarakat saat inipun masih belum bisa mempercayai para penegak hukum secara penuh. Hal inilah sisi dilematis orang awam seperti saya bilamana hal serupa (pesta narkoba) itu terjadi. Jadi kesimpulannya lebih baik kita diam daripada ikut campur tangan soal hukum demi pertemanan dan keselamatan jiwa meski hal itu dianggap bersalah oleh undang undang.

Kenapa mayoritas masyarakat Indonesia takut menjadi saksi pada suatu perkara dan lebih baik diam tidak mau ikut campur? Menurut kata hati, karena memang kita takut tersangkut dengan hukum ( karena memang kita buta dengan hukum ). tidak percaya dengan polisi (penegak hukum ) bahkan kita takut pada mereka ( takut diperas hehe) dll. Itu hanyalah segelintir alasan mengapa kita takut menjadi saksi dalam suatu perkara. Dan kalau dipikir pikir apa enaknya kita disibukkan dengan suatu perkara bilamana hal tersebut malah menyulitkan kita suatu hari nanti. Misalkan kita melaporkan adanya tidak pidana pesta narkoba, apakah ada jaminan rahasia kita aman suatu hari nanti bilamana kita mengadukan pada pihak berwajib. Saya yakin tidak! karena polisi itu juga manusia, merasa tidak menguntungkan baginya keselamatan kita diabaikan. Jadi suatu saat nanti akan banyak orang-orang seperti W yang tidak melakukan suatu tindak pidana namun dianggap bersalah oleh Undang Undang karena memang sedang pada tempat dan waktu yang salah.

Bila Anda menjadi W pada kasus Pesta narkoba raffi Ahmad, apa yang akan Anda lakukan?

apakah anda akan menghubungi Polisi kalau saat ini sedang ada pesta narkoba.


Hmmnn ...

Komentar